Arisan

Gara-gara ada film Arisan 2, jadi pengen ngebahas tentang Arisan nih. Pada ikutan arisan gak? Ikut berapa arisan? Iuran per bulannya berapa?

Saya ikut 4 arisan. Tiga arisan uang, 1 arisan emas. Yang arisan uang sih iurannya tidak banyak, hanya seratus-tigaratus ribu. Sekedar untuk menjaga silaturahim, kalau ada arisan kan ada motivasi untuk datang dan ketemu sesama anggotanya. Sedangkan yang arisan emas, iurannya tergantung pada harga emas saat arisan akan dikocok.

Bagi pembaca idenyadini yang belum tahu apa itu arisan emas, saya coba jelaskan disini ya.

Pada arisan uang, peserta yang dapat duluan lebih untung daripada yang dapat belakangan. Kenapa? Karena yang terakhir dapat, nilainya sudah turun. Kok bisa? Karena harga barang dalam setahun bisa terjadi beberapa kali kenaikan, sehingga yang dapat arisan duluan, bisa membeli lebih banyak daripada yang dapat belakangan.

Contoh: 10 peserta arisan uang dengan iuran 100ribu/orang. Anggota yang dapat di bulan pertama sebesar 1juta dapat membeli 10 buah blouse saat itu juga dengan uang arisan yang didapatnya. Sedangkan anggota yang mendapat arisan di bulan kesepuluh mungkin hanya dapat membeli 7-8 buah blouse dengan merk dan kualitas yang sama, dengan uang 1juta tersebut.

Sedangkan pada arisan emas, semua peserta membayar dan mendapat sama banyak. Adil dan merata. Baik yang dapat duluan, maupun belakangan. Daya belinya pun sama, tidak berkurang, yaitu sebesar emas yang dijadikan obyek arisan, yang biasanya memakai ukuran 5 gram sampai 100 gram Logam Mulia (LM) Antam. Ada juga sih yang bikin arisan dinar. Tergantung kesepakatan awal para anggota arisan saja.

Misalnya: ada 10 orang yang ikut arisan emas. Harga emas pada arisan ke-1 untuk 10 gram adalah Rp.5.310.000 maka harga tersebut dibagi 10, sehingga iuran untuk arisan ke 1 adalah sebesar Rp.531.000/orang. Bila kemudian pada bulan berikutnya saat arisan ke-2 harga emas 10 gram turun menjadi Rp.5.280.000 maka iuran arisan ke 2 juga turun menjadi Rp. 528.000/orang. Sebaliknya bila harga emas naik, iurannya pun akan ikut naik.

Dulu sebelum menikah, saya bingung kenapa sih ibu-ibu suka sekali ikut arisan? Ternyata setelah menjalaninya, saya dapat merasakan manfaatnya. Intinya adalah menjaga silaturahim. Betul, bisa saja ketemuan tanpa arisan. Tapi bila tidak ada "kewajiban yang mengikat" sesama anggotanya, ketemuannya bisa tidak pasti. Kadang sebulan sekali, tapi juga tidak jarang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak pernah ketemu lagi. Menurut saya, arisan itu baik atau buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya: mau untuk sekedar bergosip atau menjaga silaturahim.

Kalau ingin tahu harga emas LM bersertifikat Antam terkini, bisa lihat di sini http://beliemasyuk.blogspot.com #promosi :D

No comments: