Menangis Saja Tidak Cukup!

Bagi yang pernah nonton acara tv seperti Bedah Rumah, pasti pernah diam-diam menghapus air mata atau setidaknya mata berkaca-kaca. Begitu juga saat negri ini tertimpa bencana seperti tsunami di Aceh atau meletusnya Gunung Merapi. Pasti banyak dari kita yang ikut terenyuh melihat nasib para korban bencana yang disiarkan di tv berulang-ulang, apalagi ditambah back sound lagu Ebiet G Ade yang mellow.

Tapi apa menangis saja cukup? Kalau habis menangis lalu anda malah memilih mengganti channel tv agar tidak merasa menye-menye lagi, apa yang akan terjadi dengan para korban bencana alam itu? Apa mereka bisa bangkit dari keterpurukan mereka, membangun rumah mereka kembali hanya dengan air mata anda?

Jangan berhenti di situ, dong. Harusnya rasa haru yang anda rasakan itu mendorong otak anda untuk berpikir, jadi apa yang bisa saya lakukan untuk menolong? Bagaimana caranya agar saya bisa berbagi? Kalau otak sudah berpikir, lalu badan pun bergerak. Take action! Membantu/berbagi itu tidak harus selalu berarti menyumbangkan materi, loh. Bisa juga dengan waktu dan tenaga.

Tidak ada waktu, pasti itu yang selalu dijadikan alasan untuk menghindar. Sehari itu ada 24 jam, seminggu ada 168 jam dan sebulan ada lebih dari 700 jam. Masa sih tidak bisa menyisakan 1-5 jam saja dalam sebulan untuk benar-benar terlibat dalam kegiatan berbagi ini?

Ada banyak komunitas relawan yang bergerak dibidang kemanusiaan. Pilihlah beberapa diantaranya yang menurut anda paling amanah dan ikutlah dalam kegiatan mereka. Sekedar berinteraksi dengan anak-anak panti asuhan, menghibur anak-anak penderita kanker, mengajar anak jalanan di kolong jembatan, donor darah atau kerja bakti membersihkan sekolah adalah sebagian kecil dari yang bisa anda lakukan selain membantu dalam bentuk materi.

Menurut saya, tujuan manusia hidup itu adalah untuk mencari ridha Allah, dengan menjadikan dirinya berguna bagi orang lain dan membuat orang lain bahagia. Setiap malam, sebelum mata terpejam untuk beristirahat, coba tanya pada diri anda: 'Sudahkah saya berbagi hari ini?' Kalau jawabannya sudah, anda dapat tidur dengan nyenyak. Tapi bila jawabannya belum, pikirkanlah apa jawaban anda bila di Hari Akhir nanti ditanya, 'Apa saja yang sudah anda lakukan sepanjang hidup?' Apakah menumpuk harta dan menikmati dunia yang akan menjadi jawaban anda?

Links

http://berbagi-itu-nikmat.blogspot.com
http://shoeboxproject.wordpress.com
http://www.pmi.or.id
http://www.act.or.id



Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: