Singapore Trip (5)

Tips

1. Naik apa selama di Singapura?
Bila anda jalan sendiri atau berdua, memang sangat efisien dan murah kalau naik MRT. Tapi kalau anda serombongan lebih dari 3 orang atau membawa anak-anak di bawah usia 12 tahun, dengan atau tanpa baby stroller, maka naik taxi jauh lebih nyaman. Tapi ingat, usahakan tidak naik taxi saat jam pergi/pulang kantor, karena ada surcharge yang harus dibayar pada peak hours tersebut.

2. Barang apa yang wajib dibawa?
Jangan lupa membawa topi, jaket, payung dan jas hujan. Jalan-jalan di musim sekarang ini yang cuacanya tidak menentu -- kadang panas terik, kadang hujan -- mengharuskan kita membawa peralatan ini kemana-mana. Jas hujan, wajib bawa ke USS kalau anda ingin mencoba wahana Jurrasic Park yang naik perahu karet itu, kalau tidak mau basah kuyup. Tapi kalau pun tidak bawa, di stand souvenir dan makanan dijual jas hujan dr plastik bening tipis seharga S$2.

3. Bagaimana kalau bagasi hilang?
Siapkan satu tas ransel kecil berisi peralatan susu, diapers, sabun, tisu basah, antis dan pakaian ganti (minimal untuk 1x ganti) untuk seluruh anggota keluarga (bila bepergian dengan keluarga) atau untuk diri sendiri (bila bepergian sendiri atau dengan teman). Bila bagasi anda hilang atau tertinggal, anda tidak perlu panik karena masih ada baju cadangan, sehingga ada waktu untuk check-in dulu di hotel, baru kemudian ke toko untuk membeli baju atau menunggu bagasi yang hilang kembali. Jalan-jalan kemanapun (selama ikut tur atau ke USS) tas ransel ini wajib dibawa, terutama bila membawa anak-anak.

4. Apa yang harus diantisipasi dengan cuaca di sana?
Banyak minum. Cuaca panas atau pun dingin, selama jalan-jalan kita jangan sampai kekurangan cairan. Bawakan anak-anak termos dengan tali agar mereka bisa membawanya sendiri tanpa repot. Tapi saat di airport, menjelang masuk ke ruang tunggu, termos harus dikosongkan dulu karena ada batasan jumlah cairan yang boleh dibawa ke dalam pesawat. Di USS, termos bisa diisi ulang di kran air minum yang tersedia di beberapa tempat, secara gratis.

5. Bagaimana bila ingin berkeliling Singapura di waktu dan dengan biaya terbatas?
Ikut city tour yang memungkinkan anda untuk naik/turun bis tur hanya dengan sekali bayar dan mengunjungi beberapa tempat sekaligus.

6. Apa yang bisa dilakukan selama menunggu di bandara?
Kalau anda tiba/berangkat dari airport Changi, nikmati waktu anda dengan memanfaatkan sebanyak-banyaknya fasilitas gratis yang disediakan di sana. Dari free wi-fi, komputer untuk sekedar main game atau mengecek email, nonton film atau bola di TV berlayar lebar, pijat dengan alat, naik kereta dari satu stasiun ke stasiun lainnya, baby trolley yang bisa dipinjam dan masih banyak lagi yang lainnya. Menjelajahi Changi, rasanya waktu sehari semalam pun tidak akan cukup.

7. Siapkan kopian seluruh dokumen perjalanan dari paspor, booking hotel, tiket PP. Masukkan ke tas yang berbeda dengan berkas aslinya. Bila bepergian dengan pasangan, yang asli dipegang dipegang olehnya, anda cukup kopiannya. Atau sebaliknya. Ini untuk berjaga-jaga bila salah satu tas hilang, anda masih menyimpan data-datanya untuk melaporkan ke pihak yang berwajib.

8. Jangan tinggalkan barang-barang berharga (perhiasan, dokumen, kamera, laptop dll) di hotel. Titipkan ke petugas yang ada di lobby atau dibawa saja bila tidak terlalu berat.

9. Untuk anda yang hanya makan makanan halal, cari tempat makan yang memajang sertifikat halalnya yang diterbitkan oleh badan sertifikasi halal Singapura. Beda dengan Malaysia, tidak terlalu mudah mencari makanan halal di Singapura ini.

10. Dimana beli oleh-oleh?
Kalau anda mahir menawar, pergilah ke Chinatown atau Kampung Bugis. Disitu souvenir untuk oleh-oleh bisa anda dapatkan dengan harga murah. Sebaliknya, bila tidak bisa menawar (seperti saya dan hubby), sebaiknya ke Mustafa Center yang buka 24jam. Ini adalah toko sagala aya alias serba ada (dalam arti yang sesungguhnya) yang letaknya di Little India. Harganya pasti, tapi masih lebih murah daripada anda membelinya di pertokoan kawasan Orchard.

Semoga tips ini bisa membuat perjalanan anda ke Singapura lebih nyaman. Selamat berlibur!


Powered by Telkomsel BlackBerry®

2 comments:

Anonymous said...

Dinceeeh,

Kemaren Ĝ ke Sing dengan berbekal tips2 dari lo! Dan perjalanan Ĝ bersama para krucils itu alhamdulillah, sukses! Tinggal capek dan kulit gosong aja nih sisanya :D

Anyway busway, tengkiu ya say utk tulisannya. Sangat membantu! *peyuuuukk*

Idenya Dini said...

Oleh-oleeeehh \(´▽`)/