Masih Ada Harapan

Kalau membaca atau menonton berita tentang anak muda jaman sekarang, tentunya kita sering terperangah ya, tingkah laku mereka banyak yang seperti tidak pernah kenal ajaran agama. Dari alkohol yang sudah dianggap semacam soft drink, gaya hidup hedonis sampai sex bebas sudah sangat akrab dengan mereka.

Jaman sudah semakin gila. Orang semakin egois dan rasa kekeluargaan semakin menipis. Sebagai ibu dari 3 anak yang masih kecil-kecil, sempat saya merasa pesimis membesarkan anak-anak di jaman yang semakin tidak mengenal norma agama maupun tata krama seperti sekarang ini. Bagaimana pergaulan mereka nanti? Berhasilkah saya membimbing mereka agar tetap pada jalan yang diridhai Allah?

Beberapa minggu lalu, saya kembali terbengong-bengong melihat tingkah polah anak-anak muda yang tergabung dalam @shoeboxproject dan @greenationID. Tapi kali ini bengongnya diikutin perasaan bangga karena mereka berbuat sesuatu untuk menjadikan Indonesia lebih baik!

Mereka mendatangi Panti Asuhan Annaajiyah di Pesanggrahan, Tangerang dengan membawa misi ingin mengajarkan kepada adik-adik disana tentang penghijauan serta pembuatan kertas daur ulang dan kompos. Dua komunitas yang berasal dari 2 kota yang berbeda ini (@shoeboxproject dari Jakarta dan @greenationID dari Bandung) bekerja sama mengusung misi ini dibantu oleh teman-teman relawan yang dikumpulkan dari sosial media seperti facebook dan twitter. Tanpa canggung mereka mengajarkan tahapan-tahapan pembuatan kertas daur ulang dan kompos kepada anak-anak panti yang terlihat antusias sekali mengikuti acara ini. Kalau saya jadi orangtua mereka, pasti saya bangga sekali anak-anak saya mempunyai kegiatan positif seperti ini.

Rasa pesimis yang dulu pernah saya rasakan, kini berganti dengan sebuah harapan. Masih ada harapan untuk anak cucu kita menikmati dunia yang lebih baik, asal kita mulai dari diri sendiri. Mustahil bisa mengubah dunia kan, kalau kita tidak mau mengubah diri sendiri?

Melihat semangat yang terpancar dari wajah-wajah muda itu, dalam hati saya berdoa, ya Allah semoga nanti 3pzh juga dapat menjadi orang yang berguna bagi lingkungannya seperti para relawan ini dan semoga rahmat dan hidayah-Mu selalu tercurah pada mereka yang selalu menyisihkan waktunya untuk berbuat kebaikan bagi orang lain. Aamiin.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: