S U K S E S

Sebenarnya, apa sih definisi sukses itu? Tanpa mengacu pada kamus bahasa, menurut saya sebuah kesuksesan itu sifatnya relatif. Pada tiap orang artinya dapat berbeda.

Bagi saya pribadi, sukses itu artinya bila saya merasa bahagia setelah mencapai sesuatu. Jadi kalau saya tidak merasa bahagia, walaupun menurut orang lain itu suatu keberhasilan, bagi saya itu bukan suatu kesuksesan.

Seorang teman pernah curhat ke saya, katanya dia merasa stres setelah kehilangan pekerjaannya. Stresnya bertambah parah bila dia mulai membanding-bandingkan kesuksesan teman-teman seangkatannya dulu di sekolah yang rata-rata sudah "jadi orang". Si A sekarang punya rumah besar di daerah elit. Si B jadi pejabat di suatu instansi. Si C punya mobil mewah merk X.... blablabla.

Terus terang, menurut saya, sangat dangkal bila kita mengukur kesuksesan seseorang hanya dari materi yang dimilikinya. Memangnya kalau sudah tajir melintir sudah pasti sukses? Gimana dengan Gayus yang hartanya lebih dari 100M? Apa dia sekarang bisa disebut sukses?

Lalu teman saya itu bertanya, apakah tidak mungkin mencapai kesuksesan dan kebahagiaan sekaligus?

Well, menurut saya, kalau dalam hidup ini tujuan kita adalah mencari kebahagiaan, maka kesuksesan akan mengikuti dibelakangnya. Sebaliknya, bila kesuksesan yang menjadi tujuan hidup kita, belum tentu kebahagiaan akan mengikutinya.

Manusia itu punya sifat dasar yang susah untuk merasa puas. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau kan? Jadi berhentilah membanding-bandingkan kesuksesan orang lain dengan keadaan anda, kalau itu hanya akan membuat anda semakin minder. Apalagi kalau itu hanya dilihat dari segi materi.

Kesuksesan tidak dapat dicapai dalam semalam. Perlu kerja keras, ketekunan dan sedikit keberuntungan. Jalan pintas memang akan mempercepat anda sampai di sana, tetapi dasar yang tidak kuat akan mudah menjatuhkan anda kembali ke posisi awal (ingat Gayus?).

Sekarang keputusan ada di tangan anda. Kesuksesan macam apa yang anda inginkan? Jalan yang mana yang akan anda tempuh untuk mencapainya? Good luck!

No comments: