Ketagihan

Pernah merasa ketagihan? Merasa ingin (melakukan) sesuatu dan baru merasa tenang/senang setelah berhasil melakukan/mendapatkannya? Ada banyak macam ketagihan, diantaranya: ketagihan rokok, kopi, belanja, main online game atau twitter-an!

Bagi mereka yang ketagihan, susah sekali menghilangkan atau bahkan hanya mengurangi rasa ketagihan ini. Ada yang mencoba melalui jalan medis, bahkan sampai non-medis.

Seorang teman yang ketagihan rokok, sudah mencoba berbagai cara untuk menghentikan kebiasaannya merokok. Dari memakai nicotine patch sampai terapi hipnotis pernah dicobanya. Tetapi entah karena lingkungan yang tidak mendukung atau tekad yang kurang kuat, akhirnya setiap usahanya untuk berhenti tidak pernah berhasil lebih dari 3 minggu.

Kalau saya, satu-satunya adiksi/ketagihan paling parah yang pernah dialami adalah online game di facebook! Terutama yang namanya farmville. Duh, kalau sudah main itu, benar-benar lupa waktu. Alhamdulillah, sekarang sudah tidak ketagihan lagi. Cara mengatasinya memang gampang-gampang susah. Kuncinya adalah pertama-tama kita harus menyadari dulu bahwa kita ketagihan. Lalu, disinilah ego berperan. Saya yang pada dasarnya tidak suka diatur, merasa ego saya terusik karena tidak rela diperbudak oleh sesuatu, yang dalam kasus ini, farmville :)

Jadi, saat saya merasa sudah mulai ketagihan, ya tidak saya mainkan sama sekali farmville-nya. Memang sesekali setan di kepala ini menggoda dengan pertanyaan: "Nanti tanamannya gagal panen looh, apa gak rugi?" Biasanya, kalau pertanyaan itu sudah muncul di kepala saya, ada malaikat yang sudah siap menjawab, "So what?! It's just a game" :)

Begitulah, akhirnya saya bisa menghentikan ketagihan farmville. Tekad yang kuat dan lingkungan yang mendukung juga sangat membantu "sembuh"-nya saya dari penyakit kronis ini. Sekarang, saya jarang membuka facebook, karena kebetulan laptop sedang rusak. Kalaupun membuka facebook, sudah saya tekadkan untuk tidak mengakses game-nya. Pokoknya saya tidak mau diperbudak! Itu tekad saya.

Nah, buat anda yang sedang berjuang mengatasi suatu ketergantungan/ketagihan/adiksi, jangan putus asa. Ada banyak caranya, tapi keberhasilannya ada di tangan anda sendiri. Kalau anda memang mau berubah, pasti bisa! Selamat berjuang!

No comments: