Pulang Ke Kotamu (2)


Makan malam pertama di Jogja kali ini tujuannya ke Angkringan Nasi Kucing Lek Man. Berjalan kaki dari hotel, melalui Malioboro ke arah Stasiun Tugu. Setelah melewati rel kereta api, jalan lagi sedikit sampai ketemu belokan kiri pertama (bukan yang masuk ke stasiun), letaknya di sebelah kiri jalan, sekitar 20 meteran dari belokan tadi.

Di sini tersedia meja dan kursi untuk duduk, tapi bila ingin merasakan "the real Jogja" ada tempat lesehan pas di seberangnya. Nasi kucing dengan berbagai lauk gorengan tersedia menggoda selera. Bagi yang suka kopi, ada Kopi Joss yang merupakan kopi tubruk dicemplungin arang yang masih menyala. Katanya sih, enak. Tapi berhubung bukan penggemar kopi hitam, saya lewatkan menu unik yang satu ini.

Di angkringan Lek Man ini nasi kucing ada 2 pilihan: pedas dan tidak pedas. Yang pedas ada sambal kerang di dalamnya. 3pzh tentu memilih yang tidak pedas. Lauk berupa sate telur puyuh, baceman tempe, aneka gorengan bisa minta dipanaskan sama si mas yang melayani. Zi sampai nambah. Makan berlima plus minum 2 jeruk panas dan 2 teh manis panas tidak sampai Rp.30ribu.


Ingin rasanya mencoba tongseng asli Jogja, makanan favorit saya dan hubby. Tapi berhubung tidak tahu jalan dan ada pesan dari Pak Poniman agar hati-hati dengan "tongseng jamu" jadi tidak berani deh. Tongseng jamu adalah tongseng yang isinya daging anjing. Tidak disebut tongseng asu (bahasa jawanya anjing) karena kedengarannya kasar. Banyak dijual seputaran Jogja karena digemari bahkan oleh mereka yang muslim. Astaghfirullah.


Jalan kaki pulang ke hotel, kami menemukan penjual wedang ronde dan sate ayam di jalan Dagen. Zi yang sudah ribut kelaparan (lagi), minta dibungkuskan untuk dimakan di hotel. Sambil menunggu pesanan selesai, kami nongkrong menikmati wedang ronde yang ukuran rondenya nyaris sebesar bola golf. Tapi di foto tidak terlihat rondenya karena tertutup kolang-kaling, kacang goreng dan potongan roti yang hampir memenuhi mangkok. Untuk harga, mungkin karena jualannya dekat hotel, sama seperti di Jakarta. Wedang ronde Rp5ribu/mangkok dan sate ayam Rp10ribu/porsi.

Badan yang lelah setelah seharian jalan-jalan, ditambah dengan perut yang kenyang, menyempurnakan istirahat malam pertama di Jogja. Besok, masih ada Taman Sari, Keraton, dan Taman Pintar yang akan dijelajahi. Ikuti ceritanya di bagian ketiga yaaa ;)




Alamat:

Angkringan Lek Man
Jl wongsodirjan di sisi stasiun KA Tugu 
HP 081578487778

No comments: