[Resep] Tart / Pie Susu

Kue yang satu ini, baru saya kenal setelah menikah. Kudet banget yah sayah? 😁 

Di keluarga hubby, kue ini semacam jajanan pasar yang wajib dibeli kalau si mama mertua ke pasar. Mama mertua menyebutnya tart susu. Sementara di pasar lebih dikenal dengan nama pie susu.

Sering lihat sebelumnya, tapi saya tidak tertarik mencoba, mungkin karena terbuat dari telur jadi dalam pikiran saya tuh rasanya pasti eneg dan baunya amis.

Yang namanya ditawarin mertua, mana berani nolak kan? 😝 Apalagi waktu itu saya masih anggota baru dalam keluarga itu.

Tapi benar kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Sekali nyobain, saya pun jadi ketagihan tart susu itu. Enyaaak ternyataaa. Duuuuh kenapa gak dari duluuuu nyobainnya? 😁

Sering beli juga di ITC Cempaka Mas. Di toko kue yang letaknya satu lantai dengan Carrefour itu, kuenya dibuat beralaskan piring keramik. Harga seloyang (sekitar 2 tahun) lalu Rp.75.000sudah termasuk piringnya. Kenapa sekalian piring? Karena dasar kue menempel ke piring dan gampang hancur, kata mbak penjualnya.

Akhirnya iseng-iseng saya cari resepnya di internet. Ternyata tidak perlu oven dan mixer membuatnya. Cara membuatnya juga mudah dan tidak perlu waktu lama.

Kalau tidak punya loyang pie, pakai piring tahan panas saja seperti pyrex atau piring keramik. Tidak ada oven, bisa pakai penggorengan yang ada tutupnya. Yang pasti, pasang apinya di posisi terendah/terkecil saat memanggang kuenya dan panci harus ditutup.

Dengan sedikit modifikasi dari resep yang ada di website Blueband dan tiga kali praktek, alhamdulillah saya bisa juga membuat tart susu. Kata hubby dan 3pzh sih enak. Aaah bundanya jadi GR nih 😍

Tart (Pie) Susu

Bahan - Bahan:

1. Bahan Utama:

200-250gr (1,5-2 gelas belimbing) Tepung terigu (tergantung lebar loyang/piring)
100gr (8-10 sdm) mentega (saya pakai Blue Band Cake and Cookie)
1 sdt garam
Air es (dingin) 5 sdm

2. Bahan vla:

3 butir telur, kocok lepas
4-5 sachet SKM
75 ml air putih
1 sdm maizena
1 sdt vanila bubuk

Cara membuat:

1. Buat dasar tart/pie: 

Aduk tepung terigu, garam dan mentega dengan tangan atau spatula hingga berpasir lalu tambahkan air es sesendok-sesendok. Aduk terus sampai rata dan kalis (tidak menempel di tangan/spatula). 

2. Tutup wadah dengan plastik/kain, masukkan ke kulkas sekitar satu jam.

3. Olesi mentega pada permukaan loyang/piring secara merata.

4. Keluarkan adonan dasar tart/pie yang sudah mengeras dari kulkas, letakkan di tengah loyang/piring, lalu tekan-tekan dengan bagian bawah gelas sampai seluruh permukaan dan pinggir loyang/piring tertutup adonan. 

5. Tusuk-tusuk permukaan adonan dengan garpu agar tidak menggelembung saat di panggang. Sisihkan.

6. Buat vla untuk isian:

Larutkan maizena dalam air. Sisihkan. Kocok lepas telur (pakai whisk atau garpu), SKM dan vanila. Lalu masukkan larutan maizena yang tadi. Kocok lagi sampai rata.

7. Tuang vla ke dalam loyang, mengisi dasar tart/pie susu yang sudah disiapkan sebelumnya.

8. Naikkan piring ke atas wajan/penggorengan.Tutup dan masak sekitar 30-40 menit di atas api kecil hingga kulit/dasar tart mengering dan isinya memadat.

9. Angkat dan tunggu sampai tidak panas lagi, baru masukkan ke kulkas selama kurang lebih 2 jam. Sajikan dingin.

Gampang banget kan? Karena bahan-bahan dan cara membuatnya gampang, sebulan bisa 2-3 kali saya membuat kue ini. Di coba yuk! 😉

1 comment:

Anonymous said...

Waaah, resepnya menarik sekali... Terima kasih ya mbak... Semoga bisa nyoba di rumah #yum #yum #yum