Jangan Di Bulan Puasa Saja

Selama ini ada beberapa komunitas yang saya ikuti on/off. Saat saya ingin bergabung dalam sebuah komunitas, yang saya cari adalah apakah pemimpinnya amanah, cara penyaluran bantuan dan fleksibilitasnya.
Pemimpin yang amanah, ini kriteria terpenting menurut saya. Kenapa? Agar saya yakin, bantuan yang disalurkan melalui komunitas tersebut sampai ke tangan yang berhak atau tidak. Ada banyak komunitas yang mengatasnamakan orang-orang tidak mampu tapi pada akhirnya hanya menjadi sarana memperkaya diri sendiri para pengurus komunitas tersebut. Banyak-banyak cari info tentang suatu komunitas sebelum memutuskan bergabung atau sekedar mentransfer donasi. Kecuali tidak perduli kemana larinya uang anda.
Cara penyaluran bantuan. Kalau hanya menyalurkan bantuan lalu difoto untuk dokumentasi tanpa ada pendampingan lebih lanjut, membuat bantuan itu hanya sekedar memberi ikan, bukan kail dan umpan. Tidak mendidik. Mungkin membantu sedikit di awal, tapi tidak menyelesaikan masalahnya. Hal ini juga mendorong mereka yang dibantu untuk selalu menadahkan tangan, meminta.
Terakhir, fleksibilitasnya. Bukannya sok sibuk, tapi sebagai ibu dari 3 anak yang tidak memiliki asisten, saya memang tidak memiliki banyak waktu. Kalau sedang ada acara berbagi, 3pzh biasanya saya titipkan ke ayahnya. Itupun bila ayahnya tidak keluar kota. Seringnya sih, 3pzh saya bawa atau malah tinggal di rumah saja bila memang hanya sebentar (2-3jam) atau darurat (seperti dondar siaga).
Kalau ada yang bilang, jangan bulan puasa saja dong, ikutan kegiatan sosialnya. Rrrrr yang ngomong gitu mungkin perlu saya kasih my daily routines ya? Atau mau coba jadi "saya" sehariiiii aja? :D
Beberapa teman yang saya ajak ikutan komunitas-komunitas sosial ini, umumnya juga "takut" tidak bisa ikutan saat ada acaranya. Well, fyi saja, untuk kita-kita ibu RT, bisa kok mencari komunitas yang fleksibel. Saya yakin, tiap komunitas memiliki banyak pegiat, tetapi anak-anak kita hanya memiliki 1 ibu. Jadi tidak usah terlalu dipikirkan kalau 'tidak bisa'-nya. Pantengin jadwal komunitasnya, ikut saja kapan anda bisa. As simple as that.
Saya yakin sekali, selama ada niat dan kemauan, Allah akan mempermudah jalannya. Jadi gak perlu nunggu bulan puasa kan, untuk berbagi?
Dibawah ini beberapa komunitas yang saya ikuti. Bila berminat, sila di klik link-nya untuk informasi lebih lanjut.
1. Komunitas Berbagi:
www.gerakanberbagi.com
2. Mukena10ribu
http://mukena10ribu.posterous.com/
3. Shoebox project
http://shoeboxproject.wordpress.com








No comments: