Bukber

Sudah bulan puasa lagi. Dan undangan bukber (buka bersama) pun berdatangan. Dari teman-teman arisan, class moms, dan yang lainnya. Sayangnya, semua tidak dapat saya penuhi. Bukannya sombong, tapi memang di bulan puasa selalu saya khususkan untuk ibadah dan keluarga. Sudah bertahun-tahun kami sekeluarga tidak pernah buka puasa di luar rumah (kecuali untuk berbagi).
Di Indonesia angka konsumsi justru melonjak saat memasuki bulan suci ini. Mal penuh sesak, rumah makan pun demikian. Di rumah, lauk-pauk istimewa disediakan. Semua itu dengan dalih: sekali setahun ini.
Ada juga yang justru di bulan puasa berjualan dengan alasan: untuk biaya lebaran. Tapi saat jualan, jangankan meningkatkan ibadah sunnah, yang wajib saja jadi sering terlambat. Karena mengejar "baju lebaran" kita jadi lalai dengan ibadah yang seharusnya kita perbanyak di bulan penuh hikmah ini.
Lupakah kita apa sejatinya makna puasa itu? Puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Mulai dari nafsu syahwat, emosi, juga keinginan yang konsumtif.
Tentu tidak salah menghidangkan makanan yang istimewa di meja makan sekali-sekali. Tetapi bukan berarti menyediakan menu berbuka beraneka ragam karena lapar mata, dong? Kalau sampai di 1 meja ada puding, cendol, kue-kue, kolak di luar nasi dan lauk pauknya, sepertinya itu sudah berlebihan ya? Berbukalah dengan yang manis, bukan berbukalah dengan menu yang banyak kan?
Kalau ada kelebihan rezeki, kenapa tidak berbagi dengan mereka yang lebih membutuhkan? Kalau ada waktu luang, kenapa tidak dipakai untuk kegiatan yang lebih bermanfaat? Beribadah itu tidak hanya mengaji dan shalat, loh. Ada banyak caranya dan Islam itu selalu memudahkan. Daripada bukber dengan teman-teman yang ujungnya berghibah, mendingan bukber dengan anak yatim. Daripada waktu dihabiskan untuk nge-mal nyari baju lebaran, lebih baik bila dipakai untuk mengunjungi anak cacat ganda di Sayap Ibu, misalnya.
Mari jadikan bulan Ramadhan sebagai waktunya untuk menambah catatan amal kita. Jalankan yang wajib, jauhi yang dibenci oleh-Nya dan perbanyak yang sunnah. Semoga di bulan suci ini ibadah kita dimudahkan dan diterima Allah SWT. Aamiin.
Bingung mau ikut kegiatan sosial dimana bulan Ramadhan ini? Atau bingung mau menyalurkan bantuan kemana? Yuk gabung dengan Gerakan Berbagi.
Email:
info@gerakanberbagi.com
Website:
www.gerakanberbagi.com
Rekening Donasi:
Bank Permata
A/n Gerakan Berbagi 0701432797
Bank BCA
A/n Eric Gunawan 2371528450









No comments: