[Caper] Ho Chi Minh City (3)

TUJUAN WISATA

Berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi di HCM:

Ben Than Market
Pasar ini mirip seperti pasar Mangga Dua di Jakarta plus pasar basah. Menjual beberapa macam barang dari mulai suvenir, pakaian, manisan, sampai daging-dagingan juga ada. Karena merupakan salah satu tujuan wisata, penjual-penjualnya cenderung menaikkan harga seenaknya. Buat saya yang price sensitive dan tidak jago menawar, lebih memilih tidak berbelanja di sini. Di seberangnya ada patung Jendral Tran Nguyen Han berkuda yang dibangun pada 1 Juli 1962. Tempat yang bagus untuk menyalurkan hobi narsis :)

Tuong Xa Tax Trade Centre
Department store yang terletak di lantai 2 gedung ini menjual berbagai macam barang yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti bumbu masakan khas Vietnam, souvenir, tas, dompet, kopi dan kaos. Bagi yang kurang ahli dalam tawar-menawar, disinilah tempat terbaik untuk memborong oleh-oleh. Semua barang dijual dengan harga pas dan murah bila dibandingkan dengan harga barang yang sama di mal lain.

Reunification Palace
Gedung ini adalah tempat bersatunya Vietnam Utara dan Selatan. Di halamannya dipajang kendaraan-kendaraan perang dari tank sampai pesawat tempur yang digunakan saat perang dulu. Di dalamnya terdapat ruang-ruang pertemuan yang dulu digunakan untuk perundingan yang kemudian melahirkan perdamaian antar 2 wilayah Vietnam tersebut. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung harus membeli tiket masuk dan melewati metal detector terlebih dahulu. Secara keseluruhan, tempat ini menurut saya sih biasa saja seperti museum pada umumnya. Tapi 3pzh menjelajahi setiap sudut ruangan sambil minta difoto dengan berbagai gaya. Haduuuh, keturunan siapa sih narsis begitu? :D

War Remnant Museum
Sebuah museum yang mengabadikan bukti-bukti sejarah tentang kekejaman tentara Amerika selama berperang dengan Vietnam. Diorama-diorama, foto-foto, sampai alat-alat penyiksaan yang dulu dipakai Amerika ada di sana. Semua itu membuat saya bergidik ngeri membayangkan penderitaan rakyat Vietnam dulu. Ada kerangkeng yang diberi nama Tiger Cage (tapi lebih mirip seperti kurungan ayam), terbuat dari besi yang diikat kawat berduri untuk menahan tawanan. Ukuran yang kecil sekitar 3x2x1m untuk menahan 2-3 orang dewasa, sedangkan yang ukuran besar sekitar 3x2x2m untuk 5-7 orang dewasa. Kebayang kan, bagaimana orang yang masuk ke situ harus meringkuk, tertusuk kawat berhari-hari bahkan mungkin berminggu-minggu? Biadab banget!

Museum ini dihalaman depannya juga memajang beberapa kendaraan perang milik Amerika yang berhasil direbut Vietnam. Foto-foto bukti kekejaman Amerika diabadikan di bagian tengah museum yang terdiri dari 3 lantai. Karena kelelahan dan tidak kuat melihat foto-foto sadis itu, saya memilih duduk saja di lantai satu. Ayah dan adik-adiknya sempat mengikuti Zi sebentar, tapi kemudian sama seperti saya, mereka pun akhirnya menunggu di bawah karena kelelahan. Bermodalkan HT, kamera saku dan notes, Zi jalan-jalan sendiri sampai ke lantai 3 :)

Central Post Office
Dibangun pada awal abad ke 20, Kantor Pos ini memiliki gaya arsitektur gothic. Arsitek yang mendesain dan membangun salah satu gedung kebanggaan Vietnam ini adalah Gustave Eiffel. Ada pusat informasi bagi turis di dalamnya yang menyediakan peta Vietnam gratis. Kalau ingin membeli kaos untuk oleh-oleh, ada toko souvenir yang menjual kaos dengan kualitas bagus sesuai dengan harganya yang lumayan mahal.

Notre-Dame
atau Saigon Notre-Dame Basilica adalah gereja yang dibangun oleh koloni Perancis antara tahun 1863 dan 1880. Terletak tepat di seberang Central Post Office, gereja ini memiliki sepasang menara lonceng dengan ketinggian 58 meter.

Cu chi tunnel
Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan agen perjalanan di sekitar hotel tempat kami menginap. Tapi setelah membandingkan harga, tur yang ditawarkan di brosur yang ada di lobby hotel, jauh lebih murah. Ada paket seharian (dari pagi sampai sore) atau paket setengah hari (dari pagi hingga siang) ke Cu Chi (baca: ku ci) Tunnel atau menyusuri Sungai Mekong. Karena waktu terbatas, akhirnya kami putuskan untuk mengambil paket wisata ke Cu Chi Tunnel setengah hari.

Terowongan Cu Chi adalah jaringan rumit yang saling berhubungan di bawah tanah, yang berlokasi di Cu Chi district, HCMC. Terowongan ini juga merupakan bagian dari jaringan yang lebih besar lagi dari terowongan-terowongan yang ada di seluruh negara ini.

Pada waktu Perang Vietnam, terowongan ini menjadi markas operasional Viet Cong (tentara Vietnam) selain sebagai tempat persembunyian pada saat pertempuran. Dibuat di dalam tanah yang keras berbatu, terowongan-terowongan ini berukuran sangat kecil tetapi memiliki ruangan-ruangan berventilasi udara yang berfungsi sebagai tempat tinggal, rumah sakit, dapur bahkan pabrik senjata.

Bagian paling menarik dari paket wisata ke Cu Chi Tunnel ini adalah kesempatan untuk masuk ke dalam terowongan yang masih dalam bentuk aslinya (super duper sempit, yang berbadan besar harap sadar diri ya?), menyusuri terowongan dari satu ujung ke ujung lainnya yang bisa bikin parno sebagian orang (termasuk saya) dan menembak menggunakan senjata AK 47. Benar-benar pengalaman tak terlupakan!

-------Bersambung--------


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: