CITA - CITA

Semua orang tentunya punya, atau pernah punya cita-cita. Mungkin cita-cita masa kecil, atau cita-cita saat remaja. Apapun itu, pertanyaannya adalah: sudahkah anda wujudkan?
Percaya atau tidak, banyak dari kita yang mengubur cita-citanya, dengan berbagai alasan, dan sekarang sedang menjalani profesi yang sama sekali berbeda. Ada seorang pengacara yang dulunya bercita-cita jadi artis. Ada seorang dokter yang sebanarnya ingin menjadi penyanyi. Dan ada seorang ibu rumah tangga yang ingin menjadi pramugari.
Mereka yang tidak dapat mewujudkan cita-cita mereka tersebut, banyak yang berusaha mewujudkannya melalui anak-anaknya. Yang tidak kesampaian jadi artis, sekarang mendorong anak-anaknya untuk berani tampil di panggung. Sedangkan yang tidak kesampaian menjadi pilot, membelikan mainan pesawat sampai kostum pilot untuk anaknya.
Semua itu mereka lakukan sebagai pelampiasan. Karena diri sendiri tidak dapat mewujudkan cita-citanya, maka anaklah yang kemudian diharapkan untuk mewujudkannya. Padahal, sebenarnya bisa saja mereka tetap mewujudkan cita-cita itu, tanpa melepaskan profesi mereka saat ini.
Anda tahu Tompi? Dia adalah penyanyi yang juga dokter. Tanpa harus berhenti sebagai dokter, Tompi berhasil menjadi penyanyi terkenal. Begitu juga Ruhut Sitompul yang pengacara papan atas sekaligus pemain sinetron. Mereka berdua adalah segelintir orang yang dapat menjalani dua profesi yang sangat berbeda pada waktu yang bersamaan.
Jadi sebenarnya, tidak ada yang tidak mungkin. Kecuali cita-cita anda mensyaratkan batasan umur dan kondisi fisik tertentu yang tidak anda miliki. Di luar itu, yang dibutuhkan adalah pembagian waktu yang baik, komitmen yang kuat dalam mewujudkan impian anda dan tentunya, dukungan orang-orang terdekat anda (misalnya pasangan atau orangtua anda).
Beda loh, kepuasan hidup yang akan anda rasakan bila akhirnya berhasil mewujudkan cita-cita anda. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo wujudkan cita-cita anda!

No comments: