[Resep] Ketan Srikaya

Hari ini 14 Februari 2017, tepat 2 tahun Ibu saya berpulang.

Tadi ada pertanyaan si kakak zu yang membuat saya terharu. "Bunda masih suka kangen gak sih sama Ompung Ibu?"

Saya menarik nafas sebelum menjawabnya, mencoba menjawab dengan suara sedatar mungkin. "Semasa Ompung masih hidup pun bunda suka kangen, Kak. Apalagi sekarang."

"Kalau masih hidup kan bisa ketemu kapan aja, bun" kilahnya.

"Dalam kasus bunda, beda kak. Kakak kan tahu gimana Ompung," jawab saya tanpa ingin membahas lebih detail.

Tapi sepertinya zu sudah mengerti. Karena dia juga sering menemani saya setiap kali berkunjung ke rumah Ompung Ibunya.

Sampai sekarang, semua hal yang mengingatkan saya pada beliau, sering membuat rasa rindu itu semakin membuncah. Bahkan saya masih sering memimpikan beliau.

Salah satu kenangan tak terlupakan adalah kesukaannya akan kue Ketan Srikaya khas Medan. Setiap kali saya akan ke rumah sakit untuk menemani beliau yang sedang opname, selalu diminta membelikan kue ini di penjual langganan yang mangkal di pinggir jalan Pemuda (depan GO).

Baru beberapa bulan belakangan ini saya mencoba membuatnya sendiri. Ternyata tidak sulit. Bahannya juga mudah dicari. Walau bentuknya tidak secantik yang dijual, tapi rasanya sama enaknya.

Ini dia resepnya. Dicoba yuk!


Resep Ketan Srikaya


*Bahan ketan:

200 gr ketan putih
150-200 ml santan
1 sdt garam 


*Bahan srikaya:

140 gr gula pasir
3 btr telur
1 sdm maizena
40 gr tepung terigu
330 ml santan kental
1/4 sdt garam
1 sdt pewarna hijau


Cara membuatnya:

1. Rendam ketan kurang lebih 2 jam dengan air bersih. Lalu cuci bersih

2. Kukus ketan 15-20 menit hingga matang

3. Pindahkan ketan ke dalam wadah beri garam dan santan, aduk rata. Kukus kembali 15 menit hingga matang

4. Setelah matang pindahkan ke dalam pinggan tahan panas atau loyang, tekan- tekan sambil diratakan

5. Campur jadi satu bahan srikaya, aduk lalu saring. Masak diatas api kecil hingga mengental sambil terus diaduk

6. Tuang srikaya diatas lapisan ketan

7. Kukus selama 15-20 menit dengan tutup steamer diberi kain agar uap tidak menetes ke kue

8. Setelah matang, potong dengan pisau yg sudah diberi minyak agar tidak lengket


Kalau saja saya tahu dari dulu ternyata semudah ini membuat kue kesukaan si Ompung.... Aaah seandainya...

Really miss you, Ma 💕

No comments: