[Resep] Pizza In A Pan

Musim liburan sekolah seperti ini, di rumah harus banyak stok makanan dan camilan. Brownies kukus dan puding sudah sering dibikin. Saatnya mencoba resep yang baru, nih.

Kali ini saya ingin membuat pizza, yang kata teman saya Ira Juni, bisa dibuat dengan menggunakan penggorengan teflon. Hmmm. Sepertinya menantang. Pizza kan umumnya dibuat dengan memakai oven. Kalau pakai penggorengan, saya baru dengar tuh.

Penasaran, saya pun mencari tahu cara membuatnya dari youtube. Ada beberapa video yang cukup mudah bahan dan cara membuatnya. Tapi akhirnya saya temukan yang paaaaling mudah :D

Ukurannya seperti biasa, pakai cup dan sendok penakar. Jangan lupa, gunakan wajan/penggorengan yang anti lengket agar pizza tidak menempel di dasar wajan.


Bahan dasar:

1 cup tepung terigu (saya pakai merk kunci biru)
1 sdt ragi (saya pakai merk fermipan)
1/4 sdt garam
1/4 sdt gula
1 sdm minyak sayur
1/3 cup air


Bahan isian:

-3 sdm saus tomat
-Keju mozarella (saya pakai cheddar parut karena hanya itu yang tersedia di kulkas)
-1 buah bawang bombay ukuran kecil di rajang halus
-1 buah tomat dibuang bijinya, potong dadu

Toppings:

bisa sosis, daging giling/corned, tuna atau apa saja sesuai selera (saya pakai 4 buah sosis sesuai permintaan 3pzh)


Cara membuat:

1. Aduk rata dengan spatula: 4 bahan pertama (tepung, ragi, gula dan garam)

2. Lalu tambahkan minyak dan air, uleni adonan sampai kalis atau tidak menempel di tangan. Diamkan selama setengah jam dalam suhu ruangan. Disarankan ditutup dengan serbet basah bagian atas wadah adonan

3. Sambil menunggu adonan mengembang, siapkan bahan isian dan toppings

4. Kempiskan adonan yang sudah mengembang menjadi 2x ukuran semula dengan cara ditinju, lalu ratakan ke permukaan penggorengan sambil dibentuk lingkaran

5. Tusuk-tusuk dengan garpu seluruh permukaan adonan.

6. Olesi permukaan adonan dengan saus tomat di seluruh permukaannya. Taburi keju, bawang bombay, tomat dan bahan-bahan topping lainnya, lalu taburi lagi keju diatas semua bahan itu

7. Masak dengan wajan ditutup dan api kecil selama 10-15 menit

8. Pizza siap disajikan hangat-hangat


Proses membuat pizza ini, dari mulai mempersiapkan bahan-bahannya sampai siap disajikan, tidak lebih dari sejam. Bahan-bahannya juga sangat mudah di dapat di minimarket dekat rumah.

Soal rasa, enak dong pastinya. Tapi harus dimakan hangat-hangat atau dasar pizza-nya menjadi keras.


Karena membuatnya mudah, anak-anak bisa dilibatkan dalam prosesnya. Mereka pasti senang. Biarkan mereka membuat dan memilih sendiri topping kesukaannya. Ini juga bisa jadi salah satu cara mengisi liburan ;)

No comments: