Science Center & Snow City, Singapore

Mencari hotel di Singapore, susah-susah gampang. Karena sedang liburan sekolah, hampir semua family room di hotel-hotel fully booked. Demikian juga dengan apartemen.

Mencari di agoda, tidak dapat. Akhirnya di hostelworld. Tempat kami biasa booking untuk akomodasi di luar negeri. Kenapa hostel? Karena biasanya kalau liburan di luar negri (LN) kami hanya butuh tempat tidur di malam hari dan numpang mandi. Jadi selama lingkungannya tidak berisik, kamar mandi nyaman, dan dekat kemana-mana, ok lah. Kalau hotel mahal tapi cuma ditiduri 5-6 jam saja, kan mubazir. Selain itu, tidak semua hotel menyediakan family room atau bersedia 1 kamar ditempati kami berlima. Sedangkan anak-anak maunya ngumpul semua sekamar kalau di LN.

Pilihan untuk kami adalah hotel/hostel dengan family room, quad room (more than 3 beds) atau apartment with ensuite bathroom (kamar mandi di dalam). Nah quad room ini adanya hanya di hostel yang tipe dormitory. Ga bakal nemu kalau dicari di kategori hotel.

Untuk lokasi, kami cari sekitar Bukit Bintang, Bugis Junction dan Little India. Ditiga lokasi itu makanan halal banyak dijual, masjid pun ada (penting bila anda kesana bertepatan dengan waktunya shalat Jumat). Sebaiknya hindari daerah Geylang yang merupakan red light district (kawasan esek-esek) Singapore. Definitely bukan wilayah yang cocok untuk membawa anak-anak atau keluarga.

Tujuan kami ke Singapore kali ini adalah Science Center dan Snow City. Mengulang kunjungan 4 tahun lalu saat Za masih 3 bulanan usianya. Daaan Zi minta kunjungan khusus ke Singapore Stock Exchange. Gak apa-apa kalau tidak boleh masuk, yang penting abang sudah sampai situ, katanya. *tepokjidat*

Dari Little India naik bis no 66 ke Science Center. Supaya tidak salah arah, sebaiknya tanya ke supir bis sebelum anda membayar tiket. Seperti juga di MRT, di bis bisa menggunakan kartu Ez-link.

Kebetulan, sedang ada Independence Day Promo sampai tanggal 31 Agustus 2013. Untuk pembelian tiket 2 jam bermain di Snow City gratis tiket masuk Science Center. Karena lokasinya yang bersebelahan, tentu saja promo semacam ini sayang kalau dilewatkan.

Di Snow City harga tiket hanya termasuk sewa jaket dan sepatu boot. Untuk sarung tangan, kaus kaki dan celana water proof bisa sewa disana. Bila anda memakai celana panjang dan bawa sendiri sarung tangan serta kaus kaki, tidak perlu sewa. Bisa memilih mau 1 atau 2 jam bermain salju, harga tiketnya beda. Tapi sebaiknya membeli yang bundling saja agar hemat. Beli tiket 1 jam snow world plus science center. Jam buka pukul 10.00-18.00, dan kalau libur nasional buka sampai jam 19.00.

Sementara itu di Science Center, sekarang sudah ada Omni Theatre. Sayangnya, saat kami datang, sedang direnovasi. Tapi jangan kuatir, masih ada simulasi dan percobaan menarik lain yang menarik. Ada Typhoon Simulator (simulasi angin topan) yang bisa anda coba bila ingin merasakan kencangnya angin saat topan yang bisa mencapai 150km/jam. Atau ajak si kecil mengamati proses telur ayam yang sedang menetas. Hari gini, rasanya sudah tidak mudah untuk menemukan hal-hal semacam itu di sekitar rumah kita.

Bagi anda yang ingin beli oleh-oleh di Singapore, Mustafa mungkin dulu tujuan favorit karena serba ada dan harganya murmer. Tapi sekarang Mustafa sudah berubah menjadi toko serba ada besar dan harga-harganya pun sudah tidak murah lagi. Untuk suvenir dan parfum, oleh-oleh khas Singapore, anda bisa ke Bugis Junction atau kalau sedang di Orchard Road, mampir ke Lucky Plaza. Di depan Lucky Plaza ada toko-toko kecil yang menjual souvenirs (tas, kaos, coklat dll) juga parfum seharga 3 for S$10.

Links and addresses :

http://www.snowcity.com.sg/snowcity3/opening_hours.html

Science Center
15 Science Centre Road
Singapore 609081

Tel: (65) 6425-2500
Fax: (65) 6565-9533
  

No comments: