Investasi, Mulai Darimana?

Sumber: http://bit.ly/16fhM79


Ini merupakan hutang tulisan pada teman-teman yang minta dijelasin tentang investasi. Saya bahas dari awal agar tidak membingungkan. Jadi bagi yang sudah pernah baca disini, mohon maaf ya.

Apa itu investasi? Investasi adalah cara untuk membuat dana yang kita miliki menjadi lebih banyak sehingga tujuan keuangan kita tercapai dengan menggunakan berbagai instrumen/produk investasi.

Contoh tujuan keuangan: beli properti, biaya anak masuk sekolah (SD/SMP/SMA/kuliah), pergi haji, umroh, liburan, dan masih banyak lagi. Instrumen/produk investasi, diantaranya: reksadana, saham, tanah/properti, bisnis atau logam mulia.

Agar dapat memilih produk investasi yang tepat, cari tahu dulu, anda termasuk tipe investor yang bagaimana. Apakah anda investor konservatif, moderat atau agresif?

Investor konservatif cenderung menghindari resiko. Tidak masalah hasil investasinya kecil, yang penting uangnya aman. Tipe ini lebih menyukai menyimpan uangnya di tabungan, deposito, tanah/properti atau emas/logam mulia.

Kalau investor moderat, bersedia menerima sedikit resiko demi mendapatkan hasil investasi yang lumayan. Tipe ini biasanya memilih reksadana atau menjadi penanam modal di suatu bisnis (sebagai silent partner saja).

Sedangkan investor agresif, siap menerima resiko besar demi hasil investasi yang besar juga. Produk investasi pilihannya biasanya adalah saham atau membuka bisnis sendiri.

Dalam menentukan produk investasi juga penting memperhatikan jangka waktu dari tujuan keuangan yang ingin dicapai. Tujuan keuangan dibagi dalam 3 jangka waktu: pendek (dibawah 3 tahun), menengah (3-5 tahun) dan panjang (diatas 5 tahun).

Untuk jangka pendek, produk investasi yang dapat dipilih adalah: deposito, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap

Sedangkan untuk jangka menengah, produk investasinya adalah: emas, reksadana campuran

Produk investasi untuk jangka panjang, yaitu: emas, tanah/properti, reksadana saham, saham atau bisnis.

Kok tidak ada unitlink? Karena unitlink itu memadukan antara asuransi (perlindungan/proteksi) dengan investasi, yang seharuskan dipisah agar hasilnya lebih optimal. Lebih jelasnya bisa dibaca disini http://bit.ly/wBolK0

Kesimpulannya, sebelum investasi tentukan dulu:
1. Anda tipe investor yang bagaimana: konservatif, moderat atau agresif?
2. Tujuan keuangan apa yang mau dicapai?
3. Tujuan keuangan anda termasuk jangka pendek, menengah atau panjang?

Sampai disini dulu ya, bahasannya. Posting berikutnya kita bahas reksadana.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: